Suzuki Carry – Siapa yang tidak kenal dengan Suzuki carry. Mobil pedesaan yang satu ini sudah sangat terkenal sejak tahun 80-an. Bentuknya yang sangat khas dari tahun ke tahun hamper tidak mengalami perubahan yang signifikan. Mobil ini trend hingga saat ini, baik sebagai mobil niaga ataupun mobil keluarga. Suzuki carry ini dikeluarkan dalam 2 type, yaitu tipe mini bus atau station wagon dan type pick up. Di Indonesia mobil ini sangat laris di pasaran, terutama untuk seri pick up nya. Hampir semua pengusaha mengincar mobil yang satu ini untuk memperlancar usahanya.

 

Dengan mesin yang kecil membuat mobil ini sangat irit, cocok untuk para pengusaha yang baru meniti karir usahanya karena membutuhkan biaya operasional yang kecil. Sejak pertama kali dirilis Suzuki carry menggunakan 3 jenis mesin di setiap perkembangannya yaitu mesin dengan kapasitas 1.000 cc, 1.300 cc, dan 1.500 cc. Pada generasi terbarunya, Suzuki juga memperkenalkan mesin dengan kapasitas 1.500 cc namun dengan system bahan bakar yang sudah menggunakan injeksi.

Pada masa keemasannya dengan mesin F10A 1.0 L ini sudah sangat bandel waktu itu. Terbukti waktu itu saat mobil ini digunakan sebagai angkutan / angkot mobil ini masih mampu melaju dengan mulus meskipun sudah terisi dengan penumpang yang penuh. Tenaga yang dihasilkan mesin ini berupa 44 HP pada 5.300 Rpm dengan torsi 75 Nm pada 3.200 Rpm.

Untuk mesin generasi ke dua Suzuki carry di bekali dengan mesin 1.300 cc. Sayangnya kurang banyak diminati waktu itu, jadi informasinya pun kurang diketahui. Untuk generasi yang terbaru Suzuki carry ini dibekali dengan mesin G15A berkapasitas 1,5 L atau 1.500 cc, yang menghaasilkan daya maksimum sebesar 85 HP pada putaran  6.000Rpm dengan torsi 122 Nm pada putaran 3.000Rpm. dengan awal rilis mesin ini masih menggunakan system karburator, namun untuk mengikuti perkembangan di industry mobil, akhirnya system di rubah menjadi ke injection.

Dari segi suspensi, mobil ini mengusung suspense MacPherson strut untuk bagian depannya yang membuat bantingan mobil saat bermanuver terasa lebiuh lembut. Pada bagian belakang di temple dengan suspensi dengan per daun. Dari segi kenyamanan memang di rasa kurang nyaman, tapi untuk memuat penumpang atau mengangkut barang yang berat suspensi ini sangat mampu.

Harga Suzuki carry dan futura sangat beragam karena terlalu panjangnya durasi produksi untuk mobil yang satu ini.untuk Suzuki carry dengan type ST100 berada di kisaran harga 15 – 25 Juta, beda dengan saudaranya yang ikut karoseri Alexander, harganya masih mampu menembus kisaran 30 jutaan lebih bahkan bisa lebih, tergantung kondisi kendaraan. Sedangkan untuk generasi terbaru yaitu Suzuki carry futura ditawarkan dengan harga mulai 35 jutaan untuk tahun di bawah 2000 dan 50jutaan untuk tahun yang sudah di atas 2000-an.

Itulah ulasan lengkap tentang legenda mobil yang sampai saat ini tetap Berjaya yaitu Suzuki carry. Banyak rentang dan model dari kendaraan ini yang bisa dipilih oleh para pembeli, yang bisa membuat bingung para pembeli . Terima kasih telah membaca ulasan dari saya ini, semoga bermanfaat bagi anda semuanya.